Disk Operating Sistem (DOS)

MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows
cara membuka program ini melalui start menu-all programs-accesories-command report kemdian bisa langsung digunakan.

untuk melihat directory pada drive C, saat terbuka kita bisa mengetik dir, contoh : C:\ Doccuments and Settings\ komputer1> dir. kemudian akan muncul directory pada drive C. jika ingin membuka yang di dalam drive D, menggunakan huruf D kemudian diikuti titik dua kemudian enter. setelah itu, tekan dir kembali untuk memunculkan directory pada drive D.

jika ingin membuat folder baru, bisa menggunakan md (manage directory) dengan format mdnama folder baru. kemudian tekan enter dan bisa dilihat di directory pada drive yang di buat tadi.

cara mengubah nama (rename) menggubakan ren. contoh : ren LatihanBahasa Latihan1. formatnya rennama folder(spasi)(spasi)nama folder baru.
jika ingin menghapus file yang ada di dalem folder, bisa menggunakan del, contoh : del Latihan1, formatnya del(spasi)nama folder yang akan di hapus file nya. setelah menekan enter, ada pilihan "Are you sure (Y/N)?" tekan huruf N jika ingin membatalkan, tekan huruf Y jika ingin menghapus.
help bisa di gunakanuntuk membantu saat kita kesulitan mengoperasikan DOS, sama halnya jika kita kesulitan mengopersikan komputer.

Komentar

Postingan Populer